Monday, 14 February 2011

Sewing a Simple Batik Dress, Simple Tutorial Versi Saya :D

ATTENTION:

TUTORIAL BERIKUT DIBUAT BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DAN SUKA-SUKANYA SAYA SAJA. KERUGIAN YANG DITIMBULKAN SEBAGAI AKIBAT DARI MENGIKUTI TUTORIAL TIDAK DITANGGUNG, APALAGI KALAU ANDA MENGGUNAKAN BAHAN KAIN MAHAL. Saya tidak mau mengganti rugi :D, tapi mudah2an bisa dimengerti, paling tidak poto2nya saya harap bisa membantu jika penjelasan saya ngawur, hehehe...

Baiklah, saya beli kain batik yang kata si penjual namanya Batik Sutra, tapi saya yakin ga sutra2 amat sih, paling KW sekian, mana ada sutra harganya 25 ribu permeter. Cara membuat pola dan menggunting bahan tidak saya sertakan, jadi silahkan lihat gambar pola versi saya berikut.

step1
huehehe..gambar apaan nih?! ;D. biarin, yang penting saya ngerti.:D



















step2
nah, ini dia potongan bagian depan badan dan bagian belakang




















step3
jahit kupnat dua dibagian depan dan dua dibagian belakang, sepanjang 5" dari pinggang




















step4
balik kain, tempelkan bagian depan dan belakang dengan peniti




















step5
gabungkan bagian depan dan belakang dengan menjahit kedua bahu




















step6
sambungkan bagian lengan dengan peniti dan jahit




















step7
nah, kira2 begini jadinya :D




















step8
bentuk lipatan pada bagian rok dan sambungkan dengan bagian badan
step9
jahit, untuk menyambung bagian atas dengan bagian rok




















step10
jadinya seperti ini




















step11
dengan bantuan peniti pasang resleting, saya pasangnya disamping, biar ga ribet




















step12
sebelum jahit resleting jangan lupa diganti foot nya *apa bahasa Indonesia nya ya?=_=a... yang kiri untuk jahit resleting, yg kanan untuk menjahit biasa
step13
jahit resleting. jahit juga sisi badan yang tidak dipasangi resleting




















step14
lipat bagian bawah rok ke dalam dan jahit
step15
jahit bagian leher dan begini jadinya


 :)

















Add caption
niatnya mau bikin turtle neck dengan potongan rendah, tp ternyata gagal, awalnya bentuk neckline bagian depan ini di bagian belakang karena "leher kura2" gagal, ternyata pas dibalik lumayan juga. jadi, begitulah jadinya :D


Nah, begitulah kira2 tutorial singkat dan sederhana dari saya, bagi yang paham silahkan dicoba, bagi yang kurang paham silahkan hubungi saya..mari kita berdiskusi..hehe...oh ya, jika teman2 punya tips dan trik yang lebih bagus tolong dibagi ya ilmunya :)
Happy Sewing..:D


























17 comments:

  1. hai sewy... waah poto yang terakhir bikin aye pengsan.. kok hasilnya gitu..?? lhoo..?? hahahaha.. kaboooor..

    ReplyDelete
  2. hahaha..kenapa emgnya? itu aye crop jadinya panjang gitu..hahaha

    ReplyDelete
  3. Haii mbk rika....salam kenal ya..btw kerennn bgt bisa bikin baju2nya sndiri...:), lucu2 pisan..
    berapa lama mbak belajar bisa jahit sendiri pake mesin jahit sendiri??,,,huhu..kepingin bisa juga:(..
    Thanks for tutorialnya..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, knp aku baru ngeh ada komen Dhini disini ya? :D

      Delete
    2. hehehe... baru nyadar ya?:P maklum dlu silent reader, thank you for crafting and handmade to connect us closer ;D

      Delete
    3. hihihi..make friends through crafting :D

      Delete
  4. OMG mbaaaaaa. aku jatuh cinta sekali dengan GAUN mu!..hikshikshiks pengen sekali bisa menjahit .... *mesin jahit warisan skrg entah dmn*...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum punya mesin aku jahit pake tangan aja, puas siih, tp penuh perjuangan :D

      Delete
  5. Hai mbak rika, salam kenal...
    Aku juga hampir sama dengan dirimu mbak ^^
    mbak rika biasanya kalau ngobras gimana? ke tempat obras atau obras sendiri?
    aku lagi bikin dres nih mbak, pengennya obras dulu trus jahitnya pakai tangan or mesin, tapi susah cari tempat obras di deket rumah.
    Kalau mbak rika dulu pas jahit tangan ngakalin pinggiran kain biar gak jruwis-jruwis (apa yah istilah yang tepat, hhhmmmm)gimana?
    thanks for share

    regards,
    Yuanita

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Yuanita, salam kenal :)..aku memang lebih suka sebelum dijahit diobras dulu karena ga punya mesin obras aku pergi ke tukang obras. pengennya punya mesin obras sendiri :). kalau males bgt ke tukang obras aku pake zig zag stitch di mesin tapi hasilnya ga sebagus dan ga serapi diobras sih mba..

      Delete
    2. senangnya ya kalau punya mesin jahit portable kayak punya mbak Rika, punya mamaku masih mesin jahit jadul yang harus dionthel alias dikayuh, jadi cuman bisa jahit lurus. So kalau terpaksa banget gak nemuin tukang obras aku pake tusuk flanel di pinggiran kainnya (jahit tangan huhuhu), tapi akhir-akhir ini jarang ada waktu luang jadinya mangkrak deh dressnya

      Delete
    3. kadang aku lipat dua kali pinggirnya mba biar ujung kainnya tertutup sempurna :), mmg repot sih..

      Delete
    4. emang susah ya mbak kalau gak ada mesin obras. Mbak makasih ya bersedia join blogku ^^

      Delete
  6. Mbak Rika, kalau yang beginian perlu berapa meter ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku 2 meter cukup mba, kalau mau panjang 2,5 meter :)

      Delete
  7. hahaha...aku ketawa ngakak baca kalimat pembukanya :))
    tapi suerr..mba rika kreatif banget,hasil jahitannya juga bagus mba.. jempoll yg banyak deehhh buat mba rika :)

    ReplyDelete

Hi, I love comments :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...