Monday, 1 August 2011

Sewing Changes My Life

"Degree will give you money, but PASSION will give you LIFE" (I found somewhere on the net, but I forgot the source, sorry..)


Setelah membaca post Tilly and the Buttons tentang "Has Sewing Changed Your Life?" (I am sorry, I can't link to the post, I don't know what's wrong :(, but this is the cached version) tentang bagaimana keahlian menjahit bisa mengubah hidup seseorang, maka saya jadi ingin berbagi tentang ini. Ada banyak komentar di blog Tilly, yang setuju sepenuhnya bahwa SEWING telah mengubah hidup mereka. Begitu juga dengan saya.


this is my lovely Sewy
Minggu lalu saya jalan-jalan sendirian ke mall, sungguh menakjubkan, belum masuk puasa Ramadan atmosphere konsumerisme sudah luar biasa memenuhi seluruh mall. M*tahar* Dept. Store di kota saya sampai harus menambah beberapa extended outlets yang penuh dengan pakaian dan kebutuhan lebaran. Saya bersyukur berada diantara lautan barang-barang tersebut tidak sedikitpun merasa tergoda untuk membeli. Saya girang gerindang bukan kepalang karena sekarang tidak lagi memiliki brand-oriented mind. Saya tertarik beberapa baju, saya dekati, saya teliti dengan cermat, dan saya putuskan, I CAN MAKE IT! :D Gila aja, gaun yang bisa saya buat dengan modal 70 ribu, dijual seharga 300ribu..maaakk..Yah, Skill sangat mahal sodara-sodara. 


Kecintaan saya kepada menjahit dimulai sejak beberapa bulan setelah saya dan Putri, gagal menjalankan bisnis toko aksesoris kami di tahun 2008. Sebelumnya, saya sudah membuat beberapa kerajinan flanel, sih, tapi setelah gagal bisnis, saya sempat berhenti, dan mengabaikan tumpukan sisa kain flanel. Sampai suatu hari saya dapat "hidayah" melalui youtube..;D. Baca tentang asal muasal saya jadi "tukang jahit" disini. Nah, dari sanalah kemudian saya menemukan The Sew Weekly, Veronica Darling, Burdastyle, dan puluhan blog-blog jahit yang mengubah pandangan saya tentang dunia jahit menjahit. Blog-blog yang inspiratif tersebut sungguh membuka mata saya bahwa dunia jahit bukanlah "dunia yang membosankan, hanya untuk mengisi waktu luang atau hanya untuk semata menjadi tukang jahit yang patuh terhadap model pesanan orang." Para blogger yang inspiratif itu sangat pantas disebut CRAFTER, para perajin yang menuangkan kreatifitas dan inovasi dalam karya-karya mereka. Setiap hari saya menemukan blog-blog baru yang inspiratif, (check beberapa ada di sidebar) yang membuat saya jadi semakin bersemangat dan mulai menyadari disinilah PASSION saya.
I wanna be a CRAFTER. REALLY.

Saya seolah mau meledak tiap kali menemukan blog post yang menarik, saya yakin saya bisa, akhirnya saya beranikan membeli dua meter kain katun murahan tapi dengan corak bunga-bunga lucu, dan menjahitnya dengan tangan. Yes, it hurt my hand, but I felt so satisfied at that time. I was proud of myself :).

 
Pink floral dress adalah karya pertama saya yang dijahit tangan, setelah beli mesin jahit, saya menambahkan chiffon putih di bagian rok, dan mengubahnya jadi bubble dress. Green polkadot, karya kedua yang dijahit tangan, sampai sekarang masih nyaman dipakai. Blue Tafeta Dress, karya pertama (apa kedua ya?) dengan mesin jahit, dan Green Yoriu Dress, karya selanjutnya dengan mesin jahit.

The Bridge and The Pink Dress

Di dunia maya, sebagian crafter dan seamstress ini saling terhubung. Mereka saling "kenal", saling menyapa, saling bertukar kreasi, dan berbagi ilmu. Dari sinilah saya paling banyak belajar. SAYA TIDAK PERNAH SEKALIPUN MENGAMBIL PENDIDIKAN dan PELATIHAN KHUSUS MENJAHIT. Ada banyak pentunjuk, tutorial, bahkan pola jahit gratis yang bisa kita dapatkan, asalkan mencantumkan link sumber tutorial tersebut, we must respect copyright :). Dan saya mulai mengenal crafter-crafter lokal yang tidak kalah inspiratifnya, idekuhandmade dan cemprut adalah "salah dua" contoh crafter lokal yang sukses.
Ternyata, tidak hanya sebatas jahit menjahit, kemudian saya menemukan bahwa crafter ini juga punya passion lain, seperti photography, scrapbooking, dan cooking. Begitu juga dengan saya yang cinta crafting dan cooking karena itulah blog title saya CRAFT & SWEET. Saya bermimpi seperti Elsie dan Emma of Red Velvet, sisters who have vintage store and sweet treats in one shop. Dan yang paling membuat saya terkesan adalah Gertie, tidak hanya ahli menjahit, she has cool tattoos! If you want to join her online course, check here. Untuk crafter lokal, mbak Ria Nirwana dengan beautiful scrapbookingnya dan mbak Tarlen dengan handmade cute notebooknya adalah contoh sukses lainnya.

Saya masih jauh dari expert, I am just a novice seamstress, but I keep learning as much as I can. I teach, sometimes "force" myself to understand some very detail and confusing tutorials. Meskipun masih amatir, saya bangga (tanpa bermaksud narsis) menggunakan sesuatu yang saya buat sendiri. Begitu juga dengan keluarga, meskipun saya gagal menjahit baju untuk mama karena sempit di bagian ketiak, dan untuk adek perempuan, sama-sama sempit di bagian ketiak, entah kenapa saya "senang bener bikin ketiak sempit" hahaha..Tapi, saya sama sekali tidak kapok ;D. I'll try again next time! my father said he proud of me, and I said to myself, THIS IS VERY HEMAT and I safe more money for my dream project in the future :). So, Ya, SEWING HAS CHANGED MY LIFE. Saya melihat berbagai kemungkinan, ide-ide, dan peluang di masa akan datang, and I can't wait to go there. Amiin.

How about you? Has sewing changed your lives? Wanna learn to sew? :)

12 comments:

  1. waw.. baca pengalaman dari mbk rika, bikin saya jadi tambah semangat untuk membuat mimpi saya jadi kenyataan saya juga senang dengan craft dan sangat ingin bisa menjahit, saya juga mendapatkan semangat setelah membaca blog-blog inspiratif yg lain, bisa membuat sesuatu untuk diri sendiri adalah kepuasan tersendiri.. saya juga mau ngikutin jejak mbk rika .. hehehe(semoga terkabul).. salam silaturahim ya mbk :)

    ReplyDelete
  2. Hi, Hana, salam kenal :)
    iya, ayo semangat belajar!! :D

    ReplyDelete
  3. waaaa.. I wanna be a crafter, too. sama denganku Mba, aku ga pernah ikut kursus menjahit.. hehehe.. guruku para crafter2 handal yg rela berbagi ilmu..

    salam crafter!!.. :)

    ReplyDelete
  4. waaaaa..salam kenal vita! semangat! :D

    ReplyDelete
  5. salam kenal, saya udh bebapa kali ke sini tp belom menyapa, aku jg suka menjahit karena ada kesenangan tersendiri dlm menyelami sesuatu yang kita senangi :)

    ReplyDelete
  6. halo honeysweety, makasih udah mampir :)

    ReplyDelete
  7. aku terharu bacanya rika... ayo semangat terus ya..

    ReplyDelete
  8. iya, mbak Fitria, sama-sama SEMANGAT! :D

    ReplyDelete
  9. makasii ya udh berbagi pngalaman..dr kcil aq jg sja jahit,smp pernah ketusuk jarum mesin,smp jarumnya patah n ktinggalan d telunjuk..huaa..tp tetep g kapok..hehe
    pengen kursus n punya mesin(mesin yg sy pke dlu punya sodara :p) tp g pnh ksmpean//hiks

    ReplyDelete
  10. waah..saya seneng bgt baca post ini :D Saya juga selalu tertarik sama craft..sayang ga py byk waktu..hiks. Btw, saya dari pekanbaru juga, tp tinggal di tangerang. Salam kenal yaaa..

    ReplyDelete

Hi, I love comments :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...