Monday, 18 June 2012

Sewing a Cardigan: Tutorial

Good Day!
Selamat hari Senin teman-teman :). Ya, I'd like to post a sewing tutorial on Monday. I hope it will give you an inspiring Monday instead of 'I hate Monday'. 

WARNING:  Tutorial ini dibuat berdasarkan pengetahuan saya yang terbatas dan pengalaman pribadi. Saya tidak bertanggungjawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat mengikuti tutorial ini :p. (This tutorial was based on my limited sewing knowledge and experience. I am not responsible for any losses as a result of following this tutorial). But, if you ask me. JUST DO IT! YOU'LL NEVER KNOW UNTIL YOU TRY IT :)

So, we're going to make this cardigan.
Saya menggunakan 1 meter bahan kaos Korea, maaf, saya tidak tahu pasti nama kainnya, tapi penjualnya bilang itu namanya kaos Korea. Bahannya ringan, tipis, dan nyaman dipakai, apalagi di udara panas kota Pekanbaru.

Here are the steps (klik photo untuk melihat dalam ukuran besar):

1. Tentu saja ini bukan untuk penjahit profesional, sebagai amatir, saya menggunakan cardigan yang sudah ada untuk membuat pola. Pin cardigan ke kertas koran, dengan menggunakan spidol, ikuti pola cardigan. Buat untuk bagian lengan, bagian belakang, dan bagian depan (kiri-kanan)
2. Saya tidak yakin apakah cara menggunakan rol seperti di poto sudah betul atau tidak menurut "aturan menjahit yang seharusnya". But, that's how I did it :p.
3. Menjiplak pola bagian depan cardigan.
4. Setelah semua bagian sudah tercetak di kertas koran, gunting semua pola.


5. Menggunting pola untuk bagian belakang cardigan, lebih mudah dengan cara melipatnya seperti dipoto, agar ukurannya sama.
6. Menggunting pola untuk bagian depan cardigan. Hampir sama dengan bagian belakang, kecuali bagian depan harus dipotong menjadi dua bagian.
7. Selanjutnya pin pola koran ke kain yang akan dijahit. Agar lebih mudah saya menggambar pola dengan spidol di kain.
8. Kemudian, gunting kain sesuai pola.


9. Memotong bagian belakang cardigan lebih mudah dengan melipat pola.
10. Setelah semua bagian terpotong (dua lengan, satu bagian belakang, dua bagian depan (kanan-kiri).
11. Sambung semua bagian dengan menggunakan pin.
12. Jahit bagian cardigan yang sudah tersambung.


13. Setelah menjahit semua bagian, jahit tepi kain ke bagian dalam. Karena bahan yang saya gunakan tidak berbulu, jadi, saya tidak mengobrasnya. Nah, sampai disini, selesai menjahit cardigan.
14. Selanjutnya adalah menghias. Silahkan kreasikan sesuai selera. Teman-teman bisa memberi kancing, menjahitkan renda, payet, manik-manik, bordir, atau apa saja. Saya menghias pinggiran cardigan dengan kerutan-kerutan.
14. Membuat tube dari sisa kain.
15. Atur jarak jahitan ke nomor 4 (jarak jahitan paling lebar).
16. Jahit bagian tengah tube.


17. Untuk membuat kerutan, tarik benang bagian bawah (benang dari sekoci) dengan perlahan, jangan sampai benang terputus.Atur kerutan sesuai selera.
18. Tempelkan kerutan ke bagian pinggir cardigan dengan bantuan pin.
19. Jahit kerutan.
20. Begitulah hasilnya :)

Saya menambahkan aksen bunga dengan renda dan manik.
dan renda di bagian pergelangan tangan.
Begitulah kira-kira tutorial sederhananya. Mudah-mudahan bisa dimengerti. Saya yakin teman-teman akan membuat yang lebih bagus, don't forget to share ya :). My website is here.

Love, Ika :)

17 comments:

  1. bagus mbak hasilnya...
    teknik kita sama, krn msh pemula biasanya sy jg njiplak yg sdh ada. lbh praktis n wktu udh jadi ukurannya lbh pas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba Afifah..itulah "untungnya" jadi penjahit amatir, suka bikin teori seenaknya :D

      Delete
  2. biasanya ada poto ente dengan baju yg selesai di jahit, kok kali ini tak ada..?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aye lupaa :D, ente kangen liat poto aye ya? XD..sabar, nantikan photo session edisi 7 bulanan entar :p

      Delete
  3. mba... aku juga ngga pake kursus2-an jait *pengen tp gag da waktu* jadinya kl jait ngga sesuai pakemnya hehehe... jadinya beberapa kali harus fitting sdiri hahaha... tapi tetep pede mbuat tutorial/ngajarin temen ;p

    ReplyDelete
  4. huaa pingiiin dech coba bikin xixii tapi gak berani jait2 baju mah he..
    enak di pake ya pas hamil gini ^.*...tutorialnya kayaknya gampang..tapi klo di coba,g berani...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lebih enak pake cardigan, dipadukan ama dress :)

      Delete
  5. Mbak rika beli kainnya dimana ya? #nanya2 mulu nih...

    Semoga gak bosen ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli sama mba dyah yg komen dibawah ini mba :)

      Delete
  6. hoho finally sy mengerti bagai mana car mencetak pola d koran
    selama ini kl bikin2 ga pernah pake pola

    hatur nuhun tipsnya mba

    hebat sekali bisa berkarya d bahan kaos

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba, kainnya gampang dipotong dan dijahit :D

      Delete
  7. wah keren bisa bikin cardigan sendiri.mba rika saya juga lagi belajar jahit baju otodidak nih, tapi paling susah utk bagian leher dan lengan (yg kurva-kurva). ada tipsnya ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba, aku juga belajarnya otodidak, bagian lengan jg sering jd mslh buatku, tipsnya ya..biasanya aku jiplak baju yg udah ada mba..maaf ya ga membantu :(

      Delete
  8. dunia kejaaamT-T aku susah payah di sekolah belajar bikin pola dan pas dijeplak di kain hasilnya alay bin ajaib. tapi pas aku liat disini nyeplak dari baju yg udh jadi, hasilnya bagus bgt masa:(

    ReplyDelete
  9. Mba rika jahit cardigannya pke masin jahit apa? Soalnya mesin jahit saya yg singer jadul itu susah buat jahit bahan kaos

    ReplyDelete

Hi, I love comments :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...